.

.

Pages

Rabu, 29 Juni 2011

INDO-ROCK

KISAH DARI INDO-ROCK

Belanda memiliki subkultur menarik imigran Belanda-Indonesia (Indo, indonesian Eurasia dan Polynesia Maluku) yang memukul adegan instrumental rock di tahun 1958-1965 dan merupakan "Indo-Rock" gerakan, dengan kelompok seperti The Brother Tielman, Listrik Johnny & meroket, The Dynamites Hitam, The Rockers Gila, Oety & real Rockers, The Javalins, The Hap-Kucing dan banyak lagi.


Kelahiran Indo-Rock (1955-1959
Pada pertengahan tahun lima puluhan sebuah genre musik yang unik instrumen dibangkitkan dari Belanda-Indonesia musisi yang dipulangkan ke Belanda karena rumah-tanah kemerdekaan mereka pada 29 Desember 1949. Mereka membawa budaya tropis dan cinta yang penuh gairah untuk gitar. Gitar itu diimpor dalam Archipel India oleh para penjelajah Portugis pada abad ke-14. Portugis lagu tradisional gaya saudade dan fado dengan iringan gitar kemudian menjadi krontjong (Melayu) musik. Krontjong dicirikan oleh gitar yang berbicara satu sama lain dan gitaris memainkan bagian melodi berirama dan dengan merasakan. Kecuali ini bagasi musik mereka memiliki kecenderungan untuk Hawaii musik (juga populer di Belanda) dan mereka tahu negara Amerika & barat dan batu panas & repertoar roll dari stasiun radio di Indonesia melalui Amerika (AFN) stasiun dari Filipina dan Australia.

Indo pertama band The Rockers Kamar (Real) (1957 - sejak tahun 1959 The Roller Badai), The Hot Jumper (1958), Bell Boys (kemudian: Para Dynamites Hitam) dan Rhythm The Stars semua berasal dari Den Haag. Pada saat yang sama ia terjadi di Rotterdam dengan Oety & Real Rockers, Electric Johnny & The meroket, The Rocking Diamonds dan The Eagles Biru. Juga di Amsterdam, Groningen, Zaandam, Maastricht dan kota-kota lain Anda bisa menemukan adegan kelompok indorock. Mereka bermain di panggung campuran rock & roll, c & w, evergreen, Hawaii dan Indonesia folksongs dan juga terkenal instrumental dari periode itu. Dengan hal instrumen mereka terbaik mereka. Indo-Rock band yang identifable dengan gitar tiga line-up, mereka memiliki gitaris kedua dalam band yang memainkan melodi counter dan aksen diperkuat. Mereka mengagumi riff gitar Les Paul (pada kenyataannya salah satu pengaruh terbesar mereka) dan kemudian The Ventures dan suara unik String-A-Longs merupakan inspirasi besar bagi mereka.

Gitaris pertama dimulai dengan gitar akustik murah + ditambahkan listrik pick-up. Kemudian mereka bisa membeli gitar listrik nyata yang tersedia di pasar Belanda pada waktu itu. Pertama dari semua gitaris Indo tergila-gila gitar Höfner Jerman dan bass biola (kemudian dibuat terkenal oleh Paul McCartney) juga sangat diminati. Jerman gitar lain yang populer adalah Framus (model Hollywood) dan di sebelah gitar Eko Italia kami harus kami sendiri Belanda Egmond gitar listrik. Namun The Fender Jazzmaster gitar pada tahun 1961 menjadi favorit mereka dan simbol status Indo-Rock.


The Tielman Brothers - Andy Tielman raja bermahkota Indo-Rock.
Pada tahun 1957 datang Tielman Brothers ke Belanda. Andy Tielman dan saudara-saudaranya Reggy, Loulou Ponthon dan sudah bermain bersama-sama di Indonesia sebagai The Rhythm Timor Brothers. Di Breda mereka mulai sebagai T Four. Mereka mengamankan pekerjaan di Fair 1958 Brussel Dunia di bagian "Hawaiian Village" dari anjungan Belanda. Dipekerjakan untuk bermain hanya lima belas menit ketika band Hawaii beristirahat mereka, Four Tielman Brother mencuri pertunjukan dengan lagu-lagu rock'n'roll liar mereka dan kejenakaan akrobatik. Mereka melemparkan gitar di panggung, memainkan gitar dan bass dengan jari dan gigi, dan memainkan instrumen di belakang kepala dan terbalik.

Kisah Tielman Brothers

Ini adalah awal dari karir klub mereka di Jerman (mereka mulai di Ringstuben-Sputnik-at Mannheim). Mereka pertama kali dimainkan pada gitar Egmond dan juga memiliki ampli Egmond, namun sejak tahun 1958 mereka adalah pemilik pertama dari model Gibson Les diimpor Paulus di Belanda. Menunjukkan profesional mereka dengan cepat cahaya jari-trik gitar, tersenyum lembut kepada gadis-gadis di penonton dan mengayunkan top-down, menjadi awal dari adegan indorock di Jerman. Banyak Belanda Indo kelompok mendapat kontrak di Jerman selama awal 60-an. Di Belanda pada waktu itu, band hanya bisa bermain pada akhir pekan untuk sedikit uang atau tidak sama sekali, di band Jerman bisa mendapatkan kontrak untuk satu bulan atau setidaknya beberapa minggu dan menghasilkan uang banyak skandal.


The String 10 Andy Tielman Jazzmaster (oleh Cees Bakker)

Andy Tielman pada tahun 1961 dan gitaris lainnya di band (Tielman Brothers) berubah dari Gibson Les Pauls untuk Jazzmasters Olimpiade Putih, terutama karena ia menemukan Les Paul terlalu berat. Andy menemukan suara untuk tipis dan ia memutuskan untuk mengubah Jazzmaster ke dalam string 10. Untuk itu ia membuat 4 lubang di sisi non-tuner dari peghead dengan paku besar merah panas. Sebuah gagasan yang agak cerdas, karena pengeboran dalam sepotong dipotong memanjang dari maple keras adalah berisiko, karena Anda dapat melihat dengan Jazmaster saya sendiri
(gambar di bawah). Juga kemungkinan besar bahwa karena mereka tinggal di hotel, dia tidak memiliki mesin bor yang tepat. Dia dipasang tuner cadang dan punggawa string yang ekstra. Dia membuat lengan tambahan di mur. Jembatan itu tidak ada masalah, seperti yang Anda tahu sadlles memiliki 8 alur masing-masing untuk jarak string. Masalahnya adalah lubang di pegang string unit vibrato. Tidak unit tremolo, Leo Fender memperkenalkan nama yang salah. Tremolo adalah modulasi volume vibrato adalah modulasi pitch. Andy memecahkan masalah yang cukup cerdik. Seperti yang Anda mungkin ingat pada hari-hari string tertipis adalah 0,012. Jadi Andy digunakan banjo string tipis. Tala-Nya adalah sebagai berikut:

1. tunggal E
2. B normal + B satu oktaf up (Banjo string)
3. G normal + G satu oktaf up (E string)
4. D normal + D satu oktaf ke atas (B string)
5. A normal + A sampai satu oktaf (G-string)
6. tunggal E

Sekarang Anda mungkin bertanya-tanya mengapa Andy tidak menggunakan string 12 listrik seperti sebuah Rickenbacker. Jika Anda mendengarkan musik mereka Anda tahu mengapa. Dengan 12 tali listrik octaved A dan E lebih kehilangan suara dan yang tunggal yang lebih ketat dan bermain super ketat adalah ciri dari Tielmans. Juga mereka disetel ke instrumen mereka 2 nada setengah ke bawah dan selama tahun-tahun mereka Gibson bahkan 3 nada setengah. Itu memberikan suara yang lebih dalam dan ketegangan kurang pada string.



Tielman Brothers adalah pemimpin dan semua band-band Indonesia lainnya mengikuti mereka dalam segala hal. Jadi, ketika Andy memiliki suara barunya setiap penasaran bagaimana dia melakukan ini. Jadi untuk waktu dia menyembunyikan headstock dengan handuk. Tapi itu tidak membantu, penemuan ditiru oleh band-band lainnya.

Perusahaan Fender mengirim lebih dari satu repetisi mereka ke Jerman untuk melihat 10 Jazzmaster tali Andy tapi tidak pernah datang ke kesepakatan. Para Framus produsen Jerman membuat prototipe dari string 9, tapi itu tidak masuk produksi. Namun pasti ada hubungan antara Fender dan Andy, karena dari 1963 tentang ia bermain pada Jazzmaster metalik biru dengan pencocokan headstock. Ini harus dibuat khusus untuk dia karena meskipun Tielman menyalin tidak ada orang lain bermain seperti warna dan bahkan koleksi Chinerey dari Jazzmaster warna kustom tidak termasuk yang varation.



Lainnya Tielman inovasi (oleh Cees Bakker)

Aku selalu bertanya-tanya bagaimana Andy Tielman menjadi panggung suara yang lebar mengakibatkan besar. Bertahun-tahun kemudian saya menemukan bahwa pemain bas Robby Latuperisa, mantan drummer The Javalins, telah terpasang melalui sinyal gitar Andy untuk semua Bassmans Fender lain dan Showmans tetapi juga untuk PA instalasi. Tidak sebanding dengan P.A. hari ini peralatan tetapi penemuan sejati. Saya dapat memberitahu Anda dari pengalaman saya sendiri bahwa suara panggung sungguh luar biasa baik, lebih baik kemudian pada catatan.

Lain pertama Tielman adalah penggunaan 2 VI bass Fender bersama-sama. Satu dengan string mengukur ringan adalah kotak-kotak oleh Reggy Tielman, gitaris / ritme kedua dan yang lain dengan mengukur berat string adalah kotak-kotak oleh bassis Robby Latuperisa. Juga terima kasih kepada mereka pengaturan amp Reggy terdengar seperti satu oktaf di bawah gitar dan Robby seperti gitar bass nyata, yang unik untuk Fender VI.


(Palais de Danse 1965 - foto: Sam Patty)

1959 Sekali dan Siap ke Rock Belanda rekaman pertama instro.
Gitaris Rob Boekholt (ex-Hap Kucing) dan kelompok Roller Badai ini dari Den Haag membuat instrumental Indo-Rock rekaman pada musim panas tahun 1959 untuk label Philips. Komposisi sendiri Setelah dibangun sekitar melodi asli yang sangat kuat dan ciri khasnya adalah catatan bergulir. Di sisi b-nomor supir nyata 'Badai Rock. Digunakan merampok sebuah gitar Egmond Kaledonia selama sesi. Gitaris / pemain saksofon Harry Koster dan band nya Indo ini Dynamites Black merekam rocker mereka siap untuk rock dengan suara hampir Amerika untuk label Delahay. Tepat sebelum The Shadows dan The Ventures mengubah adegan instrumen lengkap, sekarang klasik merekam Hitam Mata Batu c / w Johnny Pada String Nya direkam oleh Johnny Listrik & skyrockets nya (CNR) dan juga dirilis di Amerika Serikat (Felsted), Inggris (London) dan Swedia (Sonet). Hal yang sama dapat dikatakan dari Bruder pertama Tielman instro produksi Mata Hitam, Rock abad 18 (Mozart!) dan AAA (= Gitar Besar) semua direkam dan dirilis pada label Imperial pada tahun 1960. Beberapa instrumental rock terbaik Belanda direkam oleh Indo-Rock band di Belanda dan Jerman pada periode 1959-1964, namun pada tahun 1965 ini adalah seluruh untuk Indo-Rock, karena band tersapu dan paling menderita oleh mengalahkan pemberontakan-ledakan.

Link : http://indorock.pmouse.nl/story.htm

0 komentar:

Poskan Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

tv